Selasa, 16 April 2013

Bilangan Phi Versus Tau

Bilangan "Tau"
Matematika kini punya bilangan “keramat” baru, yaitu 6,28. Bilangan ini diperkenalkan oleh Bob Palais pada tahun 2001 sebagai pengganti 3,14 (22/7) atau yang biasa disebut sebagai Pi. Itu lho, bilangan yang biasanya dipakai untuk menghitung keliling dan luas lingkaran.

Lalu, apa sih perbedaannya? Kalau Pi adalah rasio antara keliling lingkaran dan diameternya, Tau adalah rasio antara keliling lingkaran dan jari-jarinya. Tau dianggap lebih memudahkan dibandingkan Pi. Beberapa konsep matematika menjadi lebih sederhana dan mudah dimengerti.

Misalnya saja seperti diungkapkan Kevin Houston, matematikawan dari University of Leeds, Inggris. "Ketika mengukur sudut, matematikawan tidak menggunakan derajat, tetapi radian. Ada 2Pi radian dalam satu lingkaran. Ini berarti seperempat lingkaran setara dengan 1/2Pi. Ini berarti, seperempat setara dengan setengah," katanya.

"Mari kita pakai Tau. Seperempat lingkaran sama dengan seperempat Tau. Seperempat ya setara dengan seperempat. Bukankah ini lebih mudah untuk diingat? Demikian juga, tiga perempat lingkaran juga sama dengan tiga perempat Tau. Hal ini akan mencegah pelajar matematika, fisika dan teknik mengalami kesalahan konyol," tambah Houston.


Sumber:  1.Tabloid Reaksi Nasional 9 april 2013,
                 2. http://www.spotline.us/showthread.php?tid=669

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes